Jalur Kereta (Alternatif) Ke Cilacap

Jadi ceritanya tanggal 7 April 2017 lalu saya dan ketiga teman saya (Ka Nita, Ka Puti dan Ka Azis) kenapa pakai Ka (?) karena saya yang paling muda, wuhuuuuu :P, kami berempat  pergi ke Cilacap untuk kondangan teman sekantor kami, yang kebetulan hanya kami yang diundang, untuk menghormati undangan tersebut, kami berempat berencana datang ke Cilacap, abis kondangan lanjut Jogja, sekalian liburan.

Dengan segala persiapan yang sudah matang kami memesan tiket ke Cilacap tgl 7 April 2017, dari Gambir ke Cilacap dengan kereta Purwojaya kelas eksekutif, dengan prediksi sampai di hari Sabtu tanggal 8 April 2017. Karena kereta eksekutif saya menyarankan ka nita jangan bawa banyak barang karena akan dapat bantal dan selimut dari kereta, secara Ka Nita adalah orang yang paling ribet bawaannya karena dia adalah ibu beranak dua :D

Kami berempat janjian untuk bertemu di Stasiun Gambir, kebetulan saya dan Ka Nita berangkat dari Kantor, karena kami masih kerja dihari itu, untung ke kantor, karena ternyata hari itu produser Sahur kami memberikan bonus sahur tahun 2016, lama banget baru turun haha :D alhamdulillah pas banget lagi gak punya duit, pas banget lagi mau liburan, pas banget tadinya mau minjem uang Ka Nita, karena kita berempat lagi bokek parah, tapi tetiba dapet bonus, oke skip. Mungkin karena niat kita mau kondangan baik, jadi Allah ngasi rejeki tak terduka, btw saya orangnya parno kalau dapet undangan gak dateng, takut pas nikah terus gak ada orang yang dateng.

Saya sama Ka Nita berangkat ke Gambir jam 20.00 karena seingat kami tiket kereta jam 22.05. Kami naik ojek online (OKE JEK) terpisah. Sampai di Gambir kita berniat untuk makan dulu, Ka Azis nitip beli Mekdi, jadi kita makan di Mekdi dulu. gak lama mereka dateng dan kami udah berkumpul di Mekdi. udah jam 21.30, kita berencana langsung boarding, secara belom ngeprint tiket :D

Kami berempat ngeprit tiket dan masuk ke jalur pemeriksaan tiket, sampe disana, eng ing eng.... Ternyata tiket yang kami print adalah tiket tgl 10 April 2017, haaaaahh (gimik Pak RT) sontak kita berempat kaget karena dari kita berempat gak ada yang cek tanggal tiket dari seminggu yang lalu kita beli tiket, dan ternyata salah tanggal, cuma bisa ketawa aja saat itu, karena gak bisa marah, orang saya yang pesen tiket, Ka Nita yang bayar, dan tiket udah di share di group udah dari tiga hari yang lalu dan gak ada yang sadar.

Mungkin karena faktor abis dapet bonus juga, makanya kita gak ada yang rewel cuma ketawain kejadian itu sambil mikir gimana caranya sampe di Cilacap besok pagi, itu udah jam 21.50 mungkin yah, udah mulai lupa jam nya, kita langsung cek tiket kereta hari itu di loket, dan ternyata udah habis. cek online dan udah habis juga, oke bisa naik bis, pas nyari, ternyata bis terakhir jam 21.00, amsyong gak bisa naik bis juga, tiket kereta udah habis sampe hari minggu, oke naik bis, besok pagi dengan keberangkatan jam 09.00.

Kita berencana tidur di stasiun aja sampe pagi, terus ke terminal, sebelumnya kita cancel tiket yang tadi salah, ke costumer service nih, sambil nanya2 ternyata dia ngasi solusi kalau mau ke Cilacap hari itu juga caranya adalah :
1. Kita harus ke Bandung dengan kereta malam (juggijakgijukgijakgijuk)
Malam itu pas banget kereta termalam ke Bandung jam 23.30, dan cuss langsung beli tiket ke bandung.  Jam 03.30 kita sampe di Bandung dan langsung naik mobil online ke stasiun selanjutnya.
harga tiket dari Jakarta ke Bandung naik kereta ekonomi, Argo Parahiyangan 80.000/ orang.
2. Dari Bandung, kita naik kereta pagi ke Kroya, tapi dari stasiun Kiara Condong.
Kita berencana beli tiket kereta yang ini secara online karena cuma bisa di beli di stasiun aja katanya costumer service nya waktu itu. pas beli online, kita jadinya beli ke Sidareja bukan ke Kroya, pertimbangannya apa yah lupa waktu itu apa, hahaha :D BTW, nama keretanya adalah Pasundan dengan harga 94.000 kena adm karena pesen online :D
Dari stasiun Kiara Condong kita naik kereta jam 05.30 ke Sidareja, sepanjang perjalanan kita cuma bertahan sampe jam 07.00 setelah itu kita tidur, karena sepanjang perjalanan Jakarta - Bandung kita gak tidur dan lebih banyak menertawakan kebodohan diri sendiri, hahahaha :D dan kita kemakan omongan sendiri yang tadinya naik kereta eksekutif, taunya sekarnag naik kereta ekonomi dari jakarta sampe cilacap, amsyoong :(
3. Dari Sidareja Naik Bis ke Cilacap.
Sampai di Sidareja jam 10.30 kalau gak salah, kita nanya petugas kereta api gimana caranya menemukan bis ke Cilacap. Si bapak petugas bilang, tunggu aja di seberang stasiun dan naik bis yang warna hijau ke arah Cilacap, wow ternyata gak perlu ke terminal, how lucky we are :D.
Gak nunggu lama mungkin 5 menit bisnya udah datang, kita naik bis ke Cilacap, kita udah browsing sih harganya 20.000 tapi pas di bis kita berempat diminta 100.000 oke, dinaikin harganya karena kita terlihat seperti bukan orang lokal.

Dan, sampailah kita di Cilacap dengan perjalanan bis kurang lebih 2 jam, kita sampai di Hotel kita di @HOME Premier jam 12.30 .
itu tadi jalur alternatif kereta ke Cilacap, semoga berguna bagi nusa dan bangsa yah artikel dan curhat ini :D